Sabtu, 11 Juni 2011

Simpton Kanker Perempuan

Kanker yang terdeteksi pada stadium dini sering kali bisa menyelamatkan hidup. Di luar pemeriksaan untuk deteksi seperti mammogram atau pap smears, penting untuk memperhatikan setiap perbedaan, keanehan, atau segala sesuatu yang terjadi tanpa sebab. 

Tanda-tanda tersebut sering merupakan simptom kanker tertentu. Jika terdapat simptom berikut, segera periksakan ke dokter.

KEMBUNG ATAU KENAIKAN BERAT BADAN DI PERUT
Banyak perempuan yang diagnosis dengan kanker ovarium melaporkan perut kembung yang mendadak terjadi. Kembung terus datang dan pergi dalam periode lama (bukan hanya beberapa hari setiap bulan menjelang menstruasi) adalah salah satu cara mereka tahu ada yang tak beres.

BATUK ATAU SAKIT DADA KRONIK
Jenis kanker tertentu, contohnya leukemia dan tumor paru, dapat menyebabkan simptom seperti batuk buruk atau bronchitis. Cara untuk mengetahui perbedaannya adalah: masalah terus berlanjut atau sembuh lalu kumat lagi dalam siklus berulang. Sebagian pasien kanker paru melaporkan sakit dada yang menyebar sampai ke bahu atau ke bawah lengan.

SERING DEMAM ATAU INFEKSI
Kemungkinan menandakan leukemia, sejenis kanker sel-sel darah yang dimulai di sumsum tulang. Leukemia membuat sumsum memproduksi sel-sel darah putih abnormal, yang mengalahkan selsel darah putih yang sehat, menghilangkan kemampuan tubuh memerangi infeksi. Sering kali dokter akhimya menemukan leukemia pada orang dewasa sesudah pasien sering mengeluh demam, sakit, simptom seperti flu untuk periode lama.

KELENJAR GETAH BENING BENGKAK ATAU BENJOLAN DI LEHER, KETIAK ATAU KUNCI PAHA
Pembesaran kelenjar getah bening menunjukkan perubahan di dalam sistem getah bening yang bisa merupakan pertanda kanker. Contohnya benjolan atau pembesaran kelenjar getah bening di bawah ketiak kadang menandakan kanker payudara. Benjolan yang tidak sakit di lehar, ketiak, atau kunci paha kemungkinan pertanda dini leukemia.

SULIT MENELAN
Paling umum terkait dengan kanker esophageal atau kanker kerongkongan. Sulit menelan kadang juga tanda awal kanker paru.

MEMAR BERLEBIHAN ATAU PENDARAHAN YANG SULIT BERHENTI
Simptom ini biasanya menunjukkan terjadi sesuatu yang abnormal dengan platelet dan sel-sel darah merah, yang dapat menandakan leukemia. Perempuan dengan leukemia melaporkan memar di tempat-tempat aneh seperti di jari dan tangan, termasuk bintik merah di wajah, leher, dan dada. Pertanda lainnya: pendarahan gusi. Penjelasannya: sel-sel leukemia lama kelamaan mengalahkan sel-sel darah merah dan platelet, merusak kemampuan darah mengangkut oksigen dan membekukan darah.

LEMAH DAN LELAH
Seorang perempuan yang akhimya diketahui menderita leukemia menjelaskan sering harus duduk di tempat kerja, dan suatu malam merasa sangat lelah ketika mengendarai mobil pulang ke rumah. Lelah dan lemas secara umum adalah simptom dari berbagai jenis kanker. Perhatikan kombinasi dengan simptom lainnya. Setiap kali merasa lelah tanpa sebab dan tidak merespon sesudah mendapatkan cukup tidur, periksakan ke dokter.

NAPAS BERBUNYI ATAU TERSENGAL-SENGAL
Salah satu tanda awal yang diingat pasien kanker paru jika melihat ke belakang adalah napas tersengal-sengal. Seorang perempuan melaporkan, jalan di halaman rumah saja membuatnya tersengal-sengal. Dia menduga sebagai asma, tapi mengapa dia tidak mengalami hal ini sebelumnya, begitu dijelaskan seorang pasien kanker paru.

MERASA KENYANG DAN TAK ADA NAFSU MAKAN
Pertanda lain dari kanker ovarium. Seorang perempuan mengatakan tak punya nafsu makan selama waktu tertentu. Perempuan yang melaporkan kembung atau berat badan naik, terUtama jika disertai dengan sakit pelvic (area di bawah pusar dan di atas pinggul) atau merasa terlalu kenyang, harus periksa ke dokter dan minta pemeriksaan USG pelvic.

SAKIT PELVIC ATAU SAKIT PERUT
Sakit pelvic bisa bermakna banyak. Karena merupakan simptom umum fibroid, kista ovarium, dan penyakit saluran reproduktif lainnya, dokter tidak selalu menduga kanker jika pasien mengatakan sakit pinggul. Pastikan dokter memeriksa kemungkinan dari semua penjelasan dan melakukan pemeriksaan penuh karena sakit dan kram di daerah pelvis dan perut bisa bergandengan tangan dengan kembung yang sering mensinyalkan kanker ovarium. Leukemia juga menyebabkan sakit perut akibat pembesaran limpa.

PENDARAHAN RECTAL ATAU DARAH DALAM FESES
"Saya kira wasir" adalah penjelasan yang paling sering didengar dokter ketika pasien didiagnosis kanker colorectal. Darah di dalam toilet sendiri sudah harus jadi alasan untuk periksa ke dokter dan minta pemeriksaan colonoscopy.

BERAT BADAN TURUN TANPA SEBAB
Jika berat badan turun padahal tidak mengubah diet atau karena olahraga, perlu tanya mengapa. Berat badan turun bisa merupakan pertanda awal kanker kolon dan kanker pencernaan lainnya. Juga bisa menandakan kanker sudah menyebar ke liver, berefek pada nafsu makan dan kemampuan tubuh membersihkan sampah.

GANGGUAN PERUT ATAU SAKIT PERUT
Sakit perut yang kedengarannya sederhana bisa merupakan pertanda awal tumor liver. Kram perut atau sering sakit perut dapat mengindikasikan kanker colorectal. Banyak pasien yang mengatakan doktemya mengira ulcer.

PAYUDARA MERAH, SAKIT ATAU BENGKAK
Semua orang tahu harus periksa benjolan di payudara, tapi sering mengabaikan simptom yang tampak di permukaan, yang dapat mengindikasikan kanker payudara inflammatory. Sebagian perempuan melihat tonjolan kulit seperti selulit di area payudara. Yang lainnya lagi mengalami payudara bengkak, panas, atau iritasi. Perhatikan juga warna merah atau keunguan. Segera periksa ke dokter jika terjadi perubahan tanpa sebab pada payudara.

PERUBAHAN PUTING PAYUDARA
Salah satu perubahan yang umum diingat perempuan sebelum didiagnosa dengan kanker payudara adalah puting payudara mulai tampak datar, masuk ke dalam atau ke samping. Selain itu, kanker payudara inflammatory juga menyebabkan masalah puting payudara seperti gatal, bersisik atau kulit puting mengeras. Jadi, perhatikan secara serius setiap perubahan tanpa sebab pada payudara.

WAJAH SEMBAB
Sebagian pasien dengan kanker paru melaporkan wajah sembab, bengkak atau wajah merah. Penjelasannya adalah sel-sel kecil tumor paru menyumbat pembuluh-pembuluh daerah di dada, menghambat darah mengalir secara bebas dari kepala dan wajah.

MENSTRUASI LUAR BIASA BANYAK ATAU SAKIT ATAU PENDARAHAN DI ANTARA WAKTU MENS
Banyak perempuan yang melaporkan ini menderita kanker rahim atau kanker endometrial. Sayangnya, banyak perempuan yang melaporkan dokter mereka tidak responsif, anggap remeh atau salah diagnosis keluhan mereka sebagai perimenopause normal. Minta pemeriksaan transvaginal ultrasound jika Anda mencurigai sesuatu yang lebih dari menstruasi banyak.

BENJOLAN DI KULIT YANG TAK MAU SEMBUH, KULIT MENGERAS ATAU MUDAH BERDARAH
Kebanyakan orang memperhatikan perubahan tahi lalat yang bisa mengindikasikan kanker kulit. Tapi tanda-tanda lainnya, contohnya benjol seperti lilin atau kulit kering bersisik sering kali terabaikan. Kenali berbagai jenis kanker kulit: melanoma, basal cell carcinoma, dan squamous cell carcinoma dan periksa kulit seluruh tubuh secara cermat untuk mengenali pertumbuhan atau bintik.

PERUBAHAN PADA KUKU
Kuku berubah tanpa sebab dapat menandakan beberapa jenis kanker. Garis hitam atau cokelat atau bintik di bawah kuku dapat mengindikasikan kanker kulit. Kuku berubah jadi seperti sendok, membesar di ujung jari dengan kuku meiengkung ke bawah, dapat mensinyalkan kanker paru. Kuku pucat atau putih dapat mengindikasikan liver tidak berfungsi secara tepat, kadang menandakan kanker liver.

SAKIT DI PUNGGUNG ATAU PUNGGUNG BAWAH KANAN
Banyak pasien kanker yang mengatakan ini pertanda awal kanker liver yang dikenal sebagai salah satu pembunuh diam-diam (yang lainnya adalah kanker ovarium). Kanker payudara juga sering terdiagnosa lewat sakit punggung, yang dapat terjadi ketika tumor payudara menekan ke belakang, ke dalam dada atau ketika kanker menyebar ke tulang belakang atau tulang rusuk.

(AURA Edisi 30 / Th. XIV / Minggu ke-2 / Agustus 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar