Minggu, 29 Mei 2011

Mengenal Pekerjaan Desainer Interior

Inilah profesi yang membutuhkan ketepatan dan kecermatan perhitungan sekaligus dipadukan dengan daya imajinasi dan kreativitas… nama profesinya desainer interior. Seorang desainer interior harus paham tentang struktur bangunan dan tahu cara membaca cetak biru serta detail arsitektur. Seorang desainer interior ada yang mengkhususkan diri dalam desain Iingkungan, perumahan atau komersial, seperti untuk restoran atau bangunan rumah sakit. Ada pula yang fokus pada interior dapur, taman dalam ruangan atau lemari. Desainer interior membutuhkan pendidikan, keterampilan, dan kreativitas untuk menjadi sukses. Seorang desainer interior menggabungkan fungsi kegunaan, estetika, dan keselamatan untuk setiap proyek bangunannya. Dia juga harus tahu bagaimana membuat rancangan yang mencakup
furnitur, warna dan pencahayaan untuk membuat setiap ruang besar atau kecil jadi terlihat megah dan enak dipandang. Makin mengesankan hasil desain sang interior desain, maka akan makin meningkatkan karier desainer itu sendiri.

Jobdesc:
Desainer interior bertemu dengan klien untuk memahami keinginan dan kebutuhan mereka, yang disebut pemrograman. Ini termasuk menanyakan klien tentang preferensi gaya desain yang mereka inginkan dan berapa anggaran yang dimiliki. Desainer interior lalu membuat rancangan desain berdasarkan anggaran dan kebutuhan klien. Rancangan tersebut meliputi bahan, pencahayaan, dan mebel. Kemudian desainer interior menciptakan program dengan menggunakan software desain dibantu komputer. Setelah rencana desain selesai, desainer menyajikan rancangan tersebut kepada klien bersama dengan tanggal proyek akan selesai.

Gaji:
Penghasilan yang diterima seorang desainer interior sekitar Rp 2.000.000 – 4.000.000. Jika bekerja per proyek atau membuat perusahaan konsultan sendiri, maka penghasilannya semakin besar bisa nnencapai puluhan juta.

Jenjang karier:
Desainer interior—assistant project manager—project manager

How to get it:
Kalau mau jadi seorang desainer interior kamu harus menempuh pendidikan S1 jurusan desainer interior. Seorang individu dengan gelar sarjana di bidang desain interior harus terlebih dulu masuk program magang, yang bisa memakan waktu sekitar tiga tahun duntuk berlatih mendesain dan menghadapi klien. Tempat/perusahaan yang membutuhkan: Seorang interior desainer dapat bekerja untuk sebuah perusahaan konsultan desain interior atau bekerja sendiri.

Tip:
Seorang desainer interior harus memiliki keahlian komunikasi yang baik, terutama kemampuan untuk meyakinkan klien mengenai pilihan desain mereka. Namun juga para desainer harus mendengarkan kekhawatiran klien akan sebuah rencana desain. Juga, seorang desainer interior hares bisa bekerja sama dengan para profesional seperti arsitek. Pengetahuan tentang produk dan bahanbahan seperti warna dan tekstur diperlukan. Pemecahan masalah dan keterampilan bernegosiasi adalah suatu keharusan.

Pustaka
Serba-Serbi Profesi Oleh Anwar & Tantrina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar