Rabu, 25 Mei 2011

Redam Amarah, Hindari Stress

“Ini tidak adil”, “kenapa harus saya?”, “Sudah cukup!” mungkin beberapa kalimat tersebut pernah bahkan sering Anda lontarkan dalam kehidupan sehari-hari. Bisa jadi Anda adalah korban dari kemarahan Anda yang tidak bisa lagi Anda kontrol. Mungkin pekerjaan Anda sudah mulai overload, deadline ketat, ditambah dengan hiruk pikuk bunyi klakson kendaraan saat Anda terjebak ditengah kemacetan.
Stress merupakan reaksi dari pikiran kita yang bisa kita kontrol dengan baik. Anda secara penuh memegang kendali untuk memilih jalan pikiran Anda dan reaksi yang akan dihasilkan. Anda memiliki kekuatan untuk tidak lepas kendali terhadap emosi Anda. Tenang saja, Anda bukan satu-satunya orang yang mengalami stress, jadi Anda tidak perlu panik jika Anda belum bisa mengendalikannya.
Coba beberapa cara berikut untuk mengendalikan stress:

Breathe. Mengatur nafas adalah cara paling mudah yang bisa Anda lakukan kapan pun Anda mau, tidak akan menyita waktu. Bernapaslah secara teratur dan tidak terburu-buru agar asupan oksigen dalam darah yang masuk ke system saraf pusat cukup memenuhi kebutuhan tubuh Anda.
Datang lebih awal. Jika tempat Anda bekerja memiliki sistem absent yang ketat, cobalah untuk datang lebih awal misalnya 15 menit sebelum jam masuk kantor. Atau bisa Anda majukan lebih awal lagi untuk mengantisipasi macet. Sehingga Anda punya waktu yang cukup untuk istirahat sebelum memulai aktifitas. Jadi tubuh Anda sudah dalam kondisi fit saat mulai bekerja nanti. Usahakan tidak memforsir tubuh diawal aktifitas, hal ini dapat berdampak emosi Anda akan cepat naik dan Anda tidak dapat mengendalikan stress.
Buat diri Anda nyaman. Bila memungkinkan buatlah senyaman Anda berada di rumah. Anda tidak menyukai tempat Anda bekerja maka sampai kapan pun Anda tidak akan bisa merasa nyaman. Kenyamanan akan sesuatu hal akan mampu meredam stress. Tubuh Anda akan menolak mengerjakan sesuatu yang tidak disukai. Anda pun akan lebih mudah terserang berbagai penyakit jika dalam pikiran Anda susah dan tidak merasa nyaman.
Love your job. Suatu pekerjaan akan lebih mudah dilakukan jika Anda menyukainya. Anda akan lebih bisa mengontrol pikiran Anda di tempat yang nyaman, bukan? So love your job!
Stress itu adalah pilihan, Anda ingin terjebak didalamnya atau Anda yang membawa diri Anda keluar dari sana adalah keputusan Anda. Anda lebih tahu tindakan seperti apa yang untuk Anda jalani.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar